LATIHAN MENDESKRIPSIKAN BENDA | MOBIL TUA YANG EKSOTIS

Rabu, 08 Desember 2010

          Dasar menulis kali ini membahas tentang keterampilan dalam mendeskripsikan suatu benda. Contoh tulisan dibawah ini merupakan latihan keterampilan menulis dalam berbahasa Indonesia. Latihan menulis ini merupakan latihan menulis dengan metode mendiskripsikan benda yang ada disekitar kita. Jika ada benda seperti mobil, gedung, pensil, buku, papan tulis, botol air minum, becak, wayang, dan lain-lain maka latihanlah mendeskripsikan satu benda saja. Saya ambil contoh yaitu mendeskripsikan benda Mobil Sedan berwarna Hitam.
     
         Tidak terasa waktu kuliah selesai. Aku keluar dari ruangan kelas berjalan melihat lorong kelas seperti lorong kamar di hotel. Berjalan menyusuri lorong kelas, aku pandang kanan kiri penuh ruangan kuliah BIPA dan lukisan indah karya maestro. Berbagai bentuk lukisan diantaranya ada yang bergambar kupu-kupu. Dibagian badan tengah kupu-kupu dilukiskan wajah manusia dengan perpaduan cat warna kuning dan merah menandakan semangat kehidupan orang-orang cina. Sambil berjalan menyusuri lorong, aku menemukan tangga dan aku menuruni tangga satu persatu, langkah demi langkah, akhirnya keluar ruang gedung BIPA. Angin terasa sejuk menyerbak hidung dan kulit. Pohon-pohon bergoyang-goyang diterpa angin.
       Aku berjalan menuju gedung teknik sebelah kiri gedung BIPA bersebrangan jalan. Gedung teknik itu berwarna coklat dan crem. Tak sengaja aku melihat mobil dengan manisnya diam tanpa suara. Mobil itu istirahat di dekat gedung teknik. Mobil sedan warna hitam dilapisi warna hitam metallic, jika terkena matahari mobil warna hitam metalic akan bersinar karena cat model metalic mempunyai efek khusus jika terkena matahari. Sejauh mata memandang mobil tersebut seperti mobil yang berkelas. Mobil itu sangat mengkilat dan mobil itu memiliki 4 buah roda, bagian depan menggunakan roda peleg chrome 18 inci serta bagian belakang roda peleg chrome 17 inci. Lampu belakang berwarna merah dan segaris lurus dengan bumper belakang mobil menambah karya eksotis itu sendiri. Lampu depan berbentu jajar genjang, dihiasi lapisan seng tipis berwarna putih seperti berlian supaya sorot lampu semakin terang benderang. Lampu belakang dengan nyala warna merah, menandakan orang yang dibelakangnya supaya hati-hati dalam berkendara. Mobil sedan itu memiliki 4 buah pintu, 2 di sebelah kanan dan 2 di sebelah kiri. Kaca mobil menggunakan warna frame hitam dimana jika kita melihat dari luar mobil, akan tidak tampak isi didalam mobil tersebut dan jika kita melihat dari dalam mobil, maka akan tampak jelas apa yang kita lihat disekelilingnya.
        Mobil itu diparkir di sebelah gedung teknik dengan bangunan warna coklat yang berdekatan dengan pohon yang sangat lebat daunya, beberapa daun pohon diantaranya berguguran serta rerumputan yang tumbuh subur, semerbak bau khas rerumputan. Ketika aku berjalan mendekatinya, terlihat mobil yang sangat mahal melebihi mobil presiden meskipun mobil itu mobil tua yang eksotis.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SKB MANDIRI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger