Apresiasi Puisi "Nyanyian Senja"

Minggu, 25 Desember 2011

Nyanyian Senja
Karya Rita Oetoro (Budaya Jaya, 1978)

Pernah tertulis – lagu
Ini, dulu sekali
Tentang aquarel
Tentang api dan
Harapan.

Tidak setapak pun – jalan
Surut, bunda
Dengan tulus
Dengan cinta

Kuterima:
Kehitaman karma


Apresiasi (Pendekatan Makna)
     Puisi yang berjudul nyanyian senja, pada larik pertama memiliki makna bahwa penyair pernah menuangkan cerita. Kata lagu tak lain hanyalah cerita karena seseorang ketika mendengarkan lagu lalu lagu yang didengarkan itu memiliki kenangan yang mendalam maka akan ingatlah seseorang akan kejadian dimana lagu itu tak lain hanyalah lagu yang dimaksud untuk membuka memori ingatan yang dulu. Penyair mengisahkan perjalanan yang penuh liku-liku tentang semangat dan disertai harapan untuk membuat hidupnya berubah. Hal itu tertuang pada larik ke tiga dan keempat.
    Pada bait kedua larik pertama tidak setapak pun – jalan memiliki makna bahwa si penyair tidak memiliki jalan keluar terhadap masalah yang dideritanya. meskipun berusaha untuk menyelesaikan disertai harapan lalu dengan penuh kesabaran serta rasa sayang tapi tak ada suatu titik temu untuk menyelesaikan penderitaannya terhadap masalah yang menimpanya.
        Segala masalah tidak ada jalan keluarnya meskipun seudah berusaha dengan segala kemampuan yang ada, maka tak lain hanyalah pasrah akan masalah yang ditimpanya. Pada larik terakhir, kuterima: Kehitaman Karma bisa berarti mendapat balasan terhadap kejahatan yang pernah dia buat.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SKB MANDIRI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger